about me

My Photo
Jakarta, DKI. Jakarta, Indonesia
Banjour!my name is tsabita adeilina,you can call me Bita.im 15 years old.nothing special in my life,but i wanna to share with you about my life. Happy reading!

Monday, 15 July 2013

Tips masuk PTN jalur undangan

hey bloggy, sebelumnya saya mau mengucapkan syukur alhamdulillah karena sekarang saya sudah menjadi mahasiswi di salah satu ptn di jakarta. Saya diterima di jalur snmptn undangan di fkg universitas indonesia. Saya mau bagi tips, saran sekaligus informasi buat adik kelas yang juga ingin menempuh kuliah di bangku ptn.

Mau cerita sedikit, dulu sewaktu saya kelas 3 pertanyaan yang ada di benak saya adalah Bagaimana sih cara diterima di ptn melalu jalur undangan? Bagaimana cara penilaian masing-masing ptn terhadap siswa SMA yang akan di seleksi?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya dulu, saya mencari di google, saya juga berulang kali konsultasi kepada guru bk saya dan bahkan saya sempat menanyai langsung panitia dari snmptn di salah satu acara yang mereka adakan. Tapi, jawaban yang saya dapat selalu "tergantung dari masing-masing ptn".

Memang benar, cara penilaian siswa dalam jalur undangan itu tergantung dari ptn masing-masing. Namun, pasti ada acuan khusus ptn itu menerima siswanya. Acuan yang bisa kita lihat salah satunya adalah alumni dari sekolah kita yang diterima di ptn tersebut melalui jalur undangan.

 TIPS 1: Setelah memilih jurusan yang kalian pilih, kalian harus mencari informasi berapa banyak alumni yang di terima di jurusan tersebut di universitas yang sama.
contoh: kalian memilih FK di ptn A. Alumni dari SMA kalian yang di terima di FK ptn A ada 2 orang, berarti ada kemungkinan besar kalian di terima di FK ptn A

TIPS 2: Pastikan teman-temanmu yang memiliki ranking sekolah di atas km memilih jurusan yang berbeda dengan km. Kenapa jurusan yang berbeda? karena bila jurusan mereka sama dengan km, kemungkinan kecil km keterima di jurusan yg sama karena sekarang sistem pemerataan pendidikan jadi ngga mungkin dalam 1 sekolah ada banyak anak di terima di jurusan yang sama dalam 1 universitas.

contoh: km ranking 3 di sekolah km, sedangkan teman km si ranking 1 dan 2 juga mengambil jurusan yg sama di universitas yang sama. Alumni dari sekolah km yang diterima ada 2 orang jadi kemungkinan km untuk diterima lebih kecil

TIPS 3: Pastikan ada jurusan alternatif atau universitas alternatif dalam rencana km. Ngga semua yang kita impikan itu yang terbaik buat kita. Jadi kalian harus lebih banyak konsultasi ke guru pembimbing kalian atau ke orang tua kalian untuk memilih jurusan apa atau di universitas mana sebaiknya kalian kuliah

TIPS 4: Jangan pernah ragu dalam mengambil keputusan jurusan kalian. Dalam snmptn undangan memang di utamakan nilai yang stabil sempurna tapi ini jangan dijadikan acuan yang membuat kalian jadi ragu dalam mengambil jurusan. Standard nilai masing-masing sekolah berbeda-beda dan yang pasti universitas mempunyai penilaian tersendiri untuk masing-masing SMA

TIPS 5: Jangan suka show off atau menyombongkan diri. Yang harus kalian ingat di atas langit masih ada langit jadi kalo misalnya kalian rangking 1 disekolah dan kemungkinan besar di terima di PTN yang kalian mau, jangan menyombongkan diri dulu. Belum tentu, apa yang kita kira sama kaya yang kita dapat. Jadilah yang biasa-biasa saja

TIPS 6: Banyak-banyak berdoa. Diterima atau ngga nya tentunya faktor yang paling kuat adalah Keberuntungan dari Tuhan

TIPS 7: Persiapkan kemungkinan terburuk. Jadi, secepat mungkin kita belajar untuk menghadapi test ujian tulis (SBMPTN) atau mandiri universitas. Masuk ptn memang tidak mudah namun ada banyak sekali jalan. Jadi, buat kalian yang belum beruntung di undangan, masih ada banyak sekali jalan yang ada di depan kalian untuk di terima di ptn. Jadi, jangan putus asa.

If there's a will, there's a way..

wassalam

No comments:

Post a Comment

leave me your comment